Renungan

BERSYUKURLAH

January 20, 2011 at 10:59am

Oleh : Ennoch Sindang

Cobalah minum segelas air putih, saat ini dan besok ataupun kemarin, bagaimana rasa kenikmatan air putih itu ketika masuk kedalam tenggorokan, dalam tiga kesempatan yang berbeda itu? Samakah? Masih kurang faham. OK, mari kita coba dengan yang lain, misalnya kemarin, pesan seporsi sate lalu dimakan, diulang lagi hari ini, dan besok juga pesan dan makan sate lagi. Adakah kenikmatan yang kita capai dalam tiga kesempatan yang sama? Jawabannya tentu “berbeda-beda”. Dapat disimpulkan walaupun jumlah dan mutu materi yang diterima oleh tubuh dan fikiran itu sama, tapi kenikmatannya bisa berbeda-beda.

Lalu ingatlah pada Firman Ilahi surah Ibrahim (14) ayat 7 : “Dan (ingatlah juga), tatkala Tuhanmu memaklumkan; Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih”.

Salah satu faktor yang selalu biasanya dipakai manusia sebagai ukuran kebahagian adalah Jumlah materi atau kekayaan. Umumnya umat Muhammad akan berucap Alhamdulilahhirobilalamin ketika memperoleh hal ini. Apa yang kita harapkan setelah berucap hal itu? Pahala untuk tabungan dan bekal diakhirat? Boleh-boleh saja. Lalu apalagi yang diharapkan? Mudah-mudahan Allah SWT akan menambah jumlah yang kita terima. Inipun okey-okey saja. Tapi yang benar adalah semoga Allah akan menambah nikmatnya atas jumlah materi yang diterima itu. Walaupun jumlahnya tidak bertambah, tapi kenikmatannya yang bertambah. Kesimpulannya, lebih baik ada pertambahan kualitas daripada pertambahan kuantitas. Bagaimana bila ternyata Allah juga menambah kuantitas selain kualitasnya. Berbahagialah, karena tuhan mempercayai kita untuk pertambahan kuantitas ini. Jangan membuat Allah kecewa karena kita tidak bisa menjaga amanahnya.

Jumlah oksigen yang kita hirup masuk kedalam paru-paru jumlahnya sekitar 3000 ml. Oksigen tersebut terasa segar dan menyehatkan. 3000 ml akan terasa berbeda kenikmatannya ketika dihirup dalam suasana yang berbeda-beda. tentunya bukan mengharapkan volumenya akan bertambah menjadi 5000 ml atau 15000 ml. Dengan jumlah sedemikian justru paru-paru akan pecah, bukannya tambah sehat. Sudahkan kita mengucapkan Alhamdulilahhirobilalamin atas pemberian Oksigen yang gratis ini dari Allah SWT? Harapannya adalah agar oksigen yang kita hisap itu akan menyehatkan tubuh dan proses membuat prose metabolisme tubuh tetap lancar. Kembali dapat disimpulkan keutamaannya adalah kualitas, bukan kuantitas.

Kita beralih pada aspek kehidupan yang lain, misalnya pasangan hidup kita. Apakah anda sudah mengucapkan Alhamdulilahhirobilalamin ketika sore hari sehabis bekerja seharian bertemu lagi dengan pasangan kita itu. Bila kita mensyukuri atas nikmat ini, maka janji Allah akan menambah nikmatnya. Janji Tuhan itu bukan menambah jumlahnya, tapi menambah nikmatnya. Ayo bersyukurlah, ucapkan Alhamdulilahhirobilalamin. Ini resep mujarab terutama bagi sahabat-sahabatku yang sedang krisis rumahtangganya, atau ada rasa bosan terhadap pasangannya.

Cobalah renungkan nikmat yang Allah berikan dalam berbagai aspek kehidupan. Coba renungkan Keluarga kita, ada pasangan, ada anak, ada orang tua, ada famili. Yang lainnya tentang kawan dan sahabat. Yang lainnya tentang karir dan pekerjaan. Berikutnya tentang kesehatan tubuh ini, umur, dan kemampuan fisik lainnya. Berikutnya tentang harta benda, kekayaan yang dimiliki. Juga tentang rizki yang kita terima dan kita pakai untuk kehidupan sehari-hari. Daftar ini akan terus, terus, terus memanjang yang sesuai dengan kemampuan daya fikir masing-masing menganalisa dan mensyukuri betapa banyaknya nikmat yang Allah berikan itu.

Kembali kepada Firman Allah diatas, maka bersyukurlah, bersyukurlah, dan bersyukurlah atas semua nikmat yang diberikanNYA. Nikmat yang sangat berlimpah dari seluruh aspek kehidupan kita. Nisacaya akan bertambah pula nikmat yang diterima.

Jakarta, Januari 2011

Tulisan aslinya saya letakkan di halaman NOTE dalam FACEBOOK saya, dan ini saya copy untuk diletakkan disini agar dapat dibaca oleh lebih banyak orang.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>